Creme brulee ala breadtalk


Bahan creme brulee :
500 ml Cream (heavy cream)
70 gr gGula merah / gula pasir
1 sdm susu kental manis/vanilla extract / vanilla essence
6 kuning telur

Cara Membuat creme brulee :
1. Panaskan oven sekitar 180 derajat celcius.
2. Panaskan cream di dalam panci dan tunggu sampe mendidih, lalu angkat dari kompor.
3. Kocok / mixer kuning telur dan gula sampai berwarna putih, kemudian tambahkan vanilla essence.
4. Tuang cream yg udah agak dingin kedalam telur kocok.
5. Masukkan ke mangkuk yang sudah dilapisi Aluminium foil / mangkuk keramik tahan panas. lalu dibakar menggunakan au bain marie. Waktu membakarnya kurang lebih 25-30 min. Angkat, dinginkan.

Finishing dan menghias creme brulee :
1. Sebelum creme brulee dimakan, taruh 2 sdt gula merah bubuk / gula pasir diatas ramekin, lalu bakar pake torch hingga permukaannya menjadi seperti caramel.
2. Kalau tidak punya torch, sobat onliners bisa membuat karamel sendiri secara manual, setelah karamel jadi tuangkan ke atas creme brulee.
3. Hias dengan buah strawberry, atau cranberry, atau blueberry atau buah lainnya sesuai keinginan sobat onliners.

Tips Penting Membuat creme brulee :
1. Saat menuang cream ke dalam telur kocok (step membuat creme brulee no.4) agar telur yang kita kocok tadi tidak menjadi scramble egg, tekniknya adalah : Masukkan 1/3 adonan telur ke panci cream sambil di aduk, kemudian baru masukkan ke 2/3 adonan telur lagi. Jadi pada intinya, telurnya di "tempering" dulu.
2. (step membuat creme brulee no.5) Ketika sobat onliners membakar adonan cream brulee kita tadi, gunakan aluminium foil atau mangkuk tahan panas. dan membakarnya menggunakan au bain marie, jadi aluminium foil atau mangkuk nya di letakkan diatas tempat / wadah lain yang lebih besar yang sudah diberi air mendidih kurang lebih setinggi 1/2 tinggi aluminium foil / mangkuk tahan panas. Fungsi dari langkah ini adalah agar cream tidak menjadi kering.

Komentar

Postingan Populer